Jaksa Eksekusi Mantan Sekretaris Disnaker Surabaya

Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjung Perak melakukan eksekusi terhadap mantan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya, Gatot Soenyoto di kediamannya di jalan Perum Larangan Mega Asri B-37 Kelurahan Larangan Kecamatan Candi Kabupatem Sidoarjo, Senin (24/6/2019) sekira pukul 19.30 WIB.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Tanjung Perak Lingga Nuarie SH menjelaskan pihaknya melakukan eksekusi itu setelah menerima salinan putusan Mahkamah Agung RI Nomor 321 K/Pid.Sus/2019 tanggal 15 April 2019 yang telah memiliki kekuatan hukum tetap,” ujar Lingga Nuarie, Selasa (25/6/2019).

Pada malam itu juga, Gatot Soenyoto langsung dibawa ke Kantor Kejari Tanjung Perak untuk menjalani serangkaian administrasi dan selanjutnya dijebloskan ke Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo sekitar pukul 21.30 WIB.

Kasus ini terjadi pada 2013. Disnaker Surabaya menganggarkan dana Rp 1,1 miliar untuk pelatihan mekanik. Proyek tersebut dimenangkan CV Usaha Mandiri dengan nilai Rp 822 juta. Sesuai dokumen kontrak, pelatihan itu diikuti 280 peserta. Tapi, kenyataannya, ada 119 orang yang dimasukkan dalam peserta meski mereka tidak pernah mengikutinya.

Dari total anggaran Rp 822 juta, ternyata yang digunakan untuk pelatihan hanya Rp 191 juta. Sisanya dibuat bancakan. Pemenang lelang sempat menyerahkan uang Rp 300 juta kepada penyidik dan disita sebagai barang bukti.(gus)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jaksa Eksekusi Mantan Sekretaris Disnaker Surabaya"